Minggu, 18 April 2021

WISATA GOA DI YOGYAKARTA, WISATA KE GOA & TELAGA TRITIS GUNUNG KIDUL, WISATA KE GUA BRAHOLO GUNUNG KIDUL, PAKET WISATA KE GOA TANDING GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA, GUIDE TOUR WISATA GUA DI YOGYAKARTA

 PAKET WISATA GUA DI YOGYAKARTA, INFO WISATA GUA DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

PAKET WISATA KE GUA TANDING YOGYAKARTA, INFO HARGA PAKET WISATA KE GUA TANDING JOGJA

INFORMASI KE GUA BRAHOLO GUNUNG KIDUL, INFO WISATA KE TELAGA DAN GUA TRITIS GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

PAKET WISATA KE GUA PINDUL, HARGA TIKET WISATA GUA PINDUL


gua Tanding

pintu masuk gua tritis

GUA Braholo

wisata gua pindul kali oyo


Selamat pagi dan tetap semangat setiap hari sahabat DREAMGEDE TOUR TRAVELJelajah wisata kita kali ini di Gunung kidul tempat wisata gua yang penuh tantangan untuk di telusuri.

Tempat Wisata Goa yang Indah di Gunung Kidul Yogyakarta, Tempat Wisata Terindah. Mengunjungi wisata pantai di Gunung Kidul yang terkenal dengan deretan pantainya yang sangat indah. Selain terkenal dengan wisata pantainya, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta juga terkenal dengan wisata berupa goa alami. Sahabat DREAMGEDE TOUR TRAVEL, Goa yang terdapat di Gunung Kidul ini ada lebih dari 60-an goa. Sebagia besar adalah gua Karts.

Kawasan karst yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini masih termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu, yang membentang dari Kabupaten Bantul di barat hingga Kabupaten Tulungagung di timur. goa alami yang ada di Gunung Kidul tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kawasan karst di kabupaten tersebut. Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Daerah karst terbentuk oleh pelarutan batuan terjadi di litologi lain, terutama batuan karbonat lain misalnya dolomit, dalam evaporit seperti halnya gips dan halite, dalam silika seperti halnya batupasir dan kuarsa, dan di basalt dan granit dimana ada bagian yang kondisinya cenderung terbentuk gua (favourable). Berikut ini Gua - goa alam yang patut kita kunjungi : INFO WISATA JOGJA WA 0819 0416 9982




pintu masuk ke gua braholo


GOA DAN TELAGA TRITIS


suasana dalam gua Tritis

pintu masuk ke gua Tritis




Goa Tritis terletak di desa Ngestirejo, Tanjung Sari Gunung Kidul. Sebuah telaga alam dan gua alam dengan kedalaman pendek sekitar 2-3 meter tapi cukup menarik dengan ornamen karts dan stalakmit stalaktit.







menikmati sejuknya angin di gua Tritis



telogo dan taman wisata Tritis Ngestirejo


GOA BRAHOLO, GOA BERSEJARAH TEMPAT MANUSIA PURBA TINGGAL


SITUS dan galian gua braholo


Gua braholo sangat menarik dikunjungi dan teliti


Gua Braholo, satu gua hunian prasejarah yang berada dalam jajaran pegunungan karst Gunung Sewu. Gua ini terletak di Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gua ini ditemukan oleh Bidang Prasejarah Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, ketika melakukan survei di seluruh wilayah Gunung Sewu pada tahun 1996. Belasan gua ditemukan di bagian barat pegunungan ini dan salah satu di antaranya adalah Gua Braholo, yang kemudian ditindaklanjuti dengan melaksanakan ekskavasi pada tahun 1997 dan 1998. Gua Braholo adalah salah satu gua yang menyimpan sedikitnya 10 kerangka fosil manusia purba dengan ras Australomesoid  dalam kondisi yang hampir masih utuh. baca juga : MASJID MATARAM ISLAM, WISATA SEJARAH MASJID MATARAM ISLAM YOGYAKARTA, INFO WISATA KE MASJID PATHOK NEGORO YOGYAKARTA, SEJARAH MASJID PATHOK NEGORO DAN MASJID MATARAM ISLAM YOGYAKARTA, GUIDE WISATA SEJARAH MATARAM ISLAM YOGYAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

Ada banyak artefak peninggalan manusia purba yang bisa Anda lihat di sini. Artefak tersebut antara lain serpihan batu, tulang, serta cangkang moluska yang memiliki variasi bentuk yang beragam. Ada yang ukurannya lumayan besar dan kasar, ditemukan pula tulang-tulang fauna besar. Diperkirakan artefak ini berasal dari masa kebudayaan Pleistosen akhir, yang sudah ada sejak 33.000 tahun yang lalu. Ada pula alat-alat batu yang berasal dari lapisan kebudayaan yang umurnya sekitar 6-12 ribu tahun yang lalu, yang dikategorikan ke dalam teknologi preneolitik.





papan informasi gua braholo








Gua Braholo ternyata sering juga digunakan sebagai lokasi untuk wisata susur gua oleh para pecinta alam. Karakteristik Gua Braholo sendiri memiliki 3 pitch, masing-masing memiliki kedalaman sekitar 35 meter, 6 meter, serta yang terakhir sekitar 2 meter dengan kemiringan 25 derajat. gua ini juga memiliki keindahan yang sangat mempesona, hal tersebut dapat di lihat banyaknya ornamen khas gua seperti stalagmite, stalagtit gourden dan juga pilar. Belum lagi sungai bawah tanah yang mengalir di sana.  INFO GUIDE WISATA JOGJA WA 08190 416 9982

Dari hasil penemuan di Gua Braholo tersebut telah mengungkap misteri dimana Gua Braholo merupakan hunian manusia purba sekaligus penguburan bagi mereka. Dan ini menunjukkan bahwa mereka mampu memanfaatkan sumber alam disekitar Gua Braholo untuk kelangsungan hidup mereka sehari-hari. Dari penemuan tersebut teridentifikasi peralatan untuk menopang kehidupan mereka. Salah satunya berwujud mata anak panah dari batu di sinyalir ini merupakan peralatan untuk berburu manusia purba. Selain itu ada batu serpih atau flake yang terbuat dari tulang dari zaman praneolitikum yang diperkirakan sebagai kebudayaan ras Austromelanesia. baca juga : WISATA KE GUNUNG WUKIR MAGELANG, WISATA BUDAYA MAGELANG : GUNUNG WUKIR, JALAN - JALAN SEJARAH MAGELANG : GUNUNG WUKIR, CARI GUIDE WISATA BUDAYA KE MAGELANG ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)


galian peninggalan pra sejarah

area pagar di percaya tempat tinggal dan makam manusia purba




GOA TANDING, WISATA ALAM SUSUR GUA YANG MENGASYIKAN


suasana menyusuri Gua Tanding


Sahabat Wisata susur goa di tempat ini seakan dibuat untuk menandingi Goa Pindul, apabila kita lihat Goa Tanding, sebab Goa Pindul sudah begitu ramai dan terkenal serta mampu menyedot para wisatawan setelah wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Akan tetapi setelah ditelusuri lebih dalam ternyata nama Tanding bukan untuk menandingi Goa Pindul meski tempatnya berdekatan.

Meski namanya tidak sebesar Goa Pindul yang sudah sangat terkenal di telinga para wisatawan, goa tersebut juga memiliki sentuhan yang berbeda walau sama-sama merupakan wisata susur gua atau gua bawah tanah seperti halnya yang ada di Goa Pindul. baca juga : CARI PEMANDU WISATA JOGJA, TOUR LEADER YOGYAKARTA, INFO GUIDE JOGJA, SEWA GUIDE TOUR YOGYAKARTA, SEWA TOUR LEADER JOGJAKARTA, INFO PEMANDU WISATA YOGYAKARTA, GGUIDE WISATA BUDAYA DAN SEJARAH JOGJA, GUIDE WISATA KELUARGA DI JOGJAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)



seru naik kapal dan gayung menjelajahi Gua Tanding


Pintu masuk ke dalam goa untuk memudahkan akses menikmati pesona susur air bawah tanah, disamping Anda pun bisa menggunakan perahu karet agar bisa menikmatinya. Goa Tanding ini bisa dijadikan tempat wisata baru yang sejenis dengan goa Pindul. Goa ini bahkan lebih luas dan lebih panjang dari Goa Pindul. Jalan masuknya juga sekarang ditambahkan sehingga untuk memudahkan akses menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah.

Goa ini sebelumnya gelap gulita dan kurang sirkulasi udara. Akan tetapi sekarang sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain itu, Goa ini bahkan menjadi alternatif wisata untuk menjelajah goa. baca juga : SEWA BUS PARIWISATA DI SEMARANG, SEWA BUS PARIWISATA DI JOGJA, RENTAL BUS MURAH DI SEMARANG, RENTAL BUS MURAH DI JOGJAKARTA, INFO SEWA HYUNDAI H1 DI SEMARANG, INFO SEWA HYUNDAI H1 DI JOGJAKARTA, SEWA ELF SEMARANG, SEWA ELF YOGYAKARTA, HARGA BUS MEDIUM DI SEMARANG, HARGA BUS MEDIUM DI JOGJAKARTA, PAKET RENTAL BUS WISATA DI SEMARANG, PAKET RENTAL BUS WISATA DI YOGYAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

Wisatawan nantinya akan merasakan serunya menjelajah goa dengan cara yang unik. Tempat wisata ini berbeda dengan Goa Pindul, karena wisatawan akan menjelajah goa ini dengan menggunakan perahu dari karet. Wisatawan juga tidak perlu takut tenggelam karena sudah disediakan pelampung.




Dengan segala hal menariknya, tidak mengherankan jika Goa yang berada dekat dengan Goa Pindul ini ramai dikunjungi para wisatawan. Bukan hanya dari dalam kota Jogja saja. Lebih dari itu, banyak juga wisatawan dari luar kota Jogja yang berkunjung ke Goa Tanding. PAKET WISATA MURAH JOGJA 0819 041 69982

Pelabuhan pantai Sadeng

spot memancing pantai Sadeng

pelabuhan alam pantai sadeng, ikan murah banyak dijual disini




Menyusuri Goa-goa indah Gunung Kidul Yogyakarta ini. Goa Tritis, Goa Braholo, Goa Tanding di Gunung Kidul tadi hanya sebagian saja, ya karena disana masih ada banyak goa yang belum dikembangkan secara serius menjadi tempat wisata. Untuk mengeksplorasi wisata di Gunung Kidul alangkah baiknya anda menghubungi DREAMGEDE TOUR TRAVEL yang memiliki peta wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.  Jangan lewatkan juga informasi wisata lainnya di Yogyakarta serta Deretan Pantai-pantai Indah di Gunung Kidul Yogyakarta

Jika Anda merupakan salah satu wisatawan dari luar Kota Jogja, kami sarankan untuk menggunakan paket wisata DREAMGEDE TOUR TRAVEL yang kami sediakan. Mengingat dengan menggunakan paket perjalanan wisata, Anda tidak perlu repot menyiapkan kebutuhan berwisata. Semua sudah diatur oleh agen travel jogja kami.



WA     08190 416 9982
SMS   081 565 043 80
IG       @dreamgede_yk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...