Kamis, 13 Juli 2017

RUMAH TENTRAM RUMAH IDAMAN RUMAH RAMAH UNTUK KELUARGA SAKINAH MAWWARDAH WARRAHMAH







Saya membangun rumah islami yang penuh dengan keberkahan. Rumah ini didirikan dengan tujuan membangun keluarga muslim di masa depan yang Syar’i, maju dan mandiri.

Rumah tinggal yang Islami memang selalu menjadi impian semua orang walaupun menyisakan pertanyaan. Banyak ahli dalam dan luar negeri yang telah menyumbangkan pemikirannya tentang masalah ini, dari yang menyampaikan sisi praktisnya hingga aspek filosofisnya. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/03/rumah-impian-dreamgede-tahap-2.html




Pengajian rutin untuk satu bulanan sekali di Rumah kami

Sebagai rumah tinggal dalam arti sempit maupun luas,  rumah Islami harus mampu menjadi sarana meraih 2 (dua) tujuan hidup. 
Pertama, kesejahteraan dunia, yang meliputi: rasa kasih sayang ( mawadah warahmah), terjaminnya pendidikan anak, berlangsungnya siklus biologis, ukhuwah Islamiyah,silaturahmi, pembentukan pribadi muslim, karier yang sukses, dan kesehatan yang terpelihara. 
Keduakesejahteraan akhirat yang meliputi: termudahkannya pelaksanaan ibadah mahdah, proses muamalah, dan mampu menjauhkan penghuninya dari hal-hal yang haram maupun makruh. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/03/nonton-gerhana-matahari-di-yogyakarta.html



 

 

 

Menurutnya rumah yang Islami bukanlah rumah yang desain arsitekturnya seperti masjid atau rumah yang didalamnya penuh dengan ornamen-ornamen Islam, seperti kaligrafi, dan lainnya. 

Rumah yang Islami, katanya, adalah rumah yang efisien, bisa untuk sarana dzikir kepada Allah, dan mengingat akan mati, serta tidak dibuat-buat. Rumah yang Islami itu bukan yang menghadap kiblat atau yang WC-nya tidak menghadap kiblat. Rumah yang Islami adalah rumah yang memungkinkan penghuninya untuk saling bersilaturahmi dan berinteraksi.





  

Untuk privasi masing-masing orang juga bisa terjaga di dalamnya. Kalau kriteria-kriteria tersebut terpenuhi, baru menjadi tugas arsitek untuk mewujudkan itu dalam desainnya. Rumah yang Islami juga rumah yang bisa sebagai tempat kumpul seluruh anggota keluarga atau penghuninya.

Namun, yang lebih penting rumah yang Islami adalah rumah yang tidak menutup diri dari dunia luar. Tapi,tetap memungkinkan interaksi dan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar danpara tetangga bisa berlangsung dengan baik. 
Soal ornamen-ornamen yang bercorak Islami seperti kaligrafi, boleh-boleh saja dipasang di rumah. Menengarai bahwa di kebanyakan masyarakat Muslim, rumah yang Islami adalah rumah dengan tingkat privasi yang sangat tinggi. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2015/09/kajian-ash-haabul-bersama-peggy-melati.html

 


 

 
Keindahan rumah hanya diwujudkan pada bagian dalamnya saja. Taman-taman misalnya, dibangun sebagai bagian dari keindahan interiornya, bukan eksteriornya. Bagian luar rumah cukup diberi pagar atau dinding yang tinggi dan sederhana sehingga aktivitas didalam tidak terlalu mencolok. Ia beralasan bahwa dalam Islam dilarang dengan keras adanya tindakan pamer atau riya’. 

Memang kurang pas dengan perilaku sosial masyarakat kita di Indonesia. Saya berupaya lepas dari dimensi wujud dan mencoba memberikan landasan pemikiran yang lebih abstrak dan spiritual. Keindahan yang Islami adalah keindahan yang berlandaskan intisari dienul Islam itu sendiri. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2014/06/moon-cake-symbol-of-prosperity-0878.html










Jadi semua yang ada harus ditujukan demi meraih intisari Islam yaitu tauhidullah atau mengesakan Allah SWT. Berarti desain rumah yang Islami adalah wujud aplikasi pola pikir tauhid. Berarti juga sebuah rumah tidak boleh ditujukan untuk membanggakan diri, melebihkan diri, memperkaya diri, karena yang berhak untuk itu hanyalah Allah SWT.


Upaya merangkum dan meringkas pemikiran para ahli ternyata membawakita pada kesimpulan bahwa memandang rumah Islami ibarat memandang sebuah benda terbungkus rapi. 

Yang dibungkus lebih esensi dari pembungkusnya atau isinya lebih penting dari kulitnya, entah pembungkus itu wujudnya adalah rumah petak 3m x 3m atau rumah mewah bak istana yang lengkap fasilitasnya.

Artinya pola pikir dan tingkah laku yang Islami dari penghuninya, itulah yang lebih penting dari pada desain atau arsitektur rumahnya. 









Dengan demikian umat Islam dari semua kalangan dapat mewujudkan rumah Islami mulai dari hatinya, jikasudah, barulah memperindah tempat tinggalnya. Kalaupun ada keluarga yang mampu justru dari desain rumahnya yang Islami agar dapat membentuk kepribadian penghuninya, juga silakan. Jika dapat mencapai kebaikan dikeduanya, kenapa tidak? Akhirat tercapai, dunia tidak tertinggal. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2014/06/7-kampung-unik-di-yogyakarta-kami-akan.html




Setiap orang mempunyai kebanggaan masing-masing. Karena Tuhan telah memberikan kelebihan dan kelemahan kepada setiap orang. Rumah impian udah selesai alhamdulllah bisa ditinggali keluarga. Amien



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...