Selasa, 20 Agustus 2019

WISATA KE WONOGIRI, PAKET WISATA KE WONOGIRI, WISATA KE WONOGIRI DARI SEMARANG, WISATA KE WONOGIRI DARI JOGJA, WISATA KE WADUK GAJAH MUNGKUR, PAKET WISATA MURAH KE MUSEUM KARTS DAN WADUK GAJAH MUNGKUR, WISATA EDUKASI KE WADUK GAJAH MUNGKUR DAN MUSEUM KARTS WONOGIRI, PEMANDU WISATA DI WONOGIRI














Semangat wisata piknik dan tour jalan - jalan sahabat DREAMGEDE TOUR TRAVEL. Ada berbagai macam keindahan alam yang ditawarkannya kembali menggoda para wisatawan untuk berkunjung lagi. salah satu Kota yang harus di kunjungi adalah Wonogiri. Tempat wisata di wonogiri sendiri kebanyakan sangat condong kepada nuansa alam yang sangat kental. Banyak wisata alam yang kita temukan di lokasi ini. Mulai dari wisata pantainya yang menawan hingga berbagai macam wisata air terjunnya yang juga mengagumkan.

Kabupaten Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten yang masih masuk kedalam daerah Provinsi Jawa Tengah. Daerah Wonogiri juga merupakan batas paling timur dari Provinsi Jawa Tengah sehingga langsung berbatasan dengan daerah Jawa Timur. Mungkin kalian sudah tau bahwa Kabupaten Wonogiri ini memiliki julukan sebagai Kota Gaplek, hal itu mungkin karena kebanyakan masyarakat Wonogiri sering membikin sebuah Gaplek (Singkong Kering) INFO HARGA PAKET WISATA WONOGIRI WA 081904169982

Tetapi selain disamping itu semua daerah Wonogiri juga memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata yang sangat menarik untuk dieksplor lebih lanjut. Pengin tau apa saja sih wisata yang ada di Wonogiri yuk kita simak bersama – sama


MUSEUM KARTS PRACIMANTORO











Bagi anda yang tertarik dengan sejarah, geologi, dan arkeologi, sangat penting untuk mengunjungi Museum Karst Wonogiri. Museum ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Letaknya yang jauh dari kota Wonogiri bukan tanpa alasan. Pasalnya, di sekitar desa Gebangharjo, terdapat barisan karst yang berderet rapi dan indah.

Berdirinya Museum Karst Wonogiri diinisiasi oleh Departemen Energi & Sumber Daya Mineral dan Badan Geologi pada tahun 2008. Hal ini sebagai respon atas instruksi presiden untuk pengembangan potensi wisata di kawasan karst. Pada akhirnya, Museum Karst Wonogiri diresmikan pada tanggal 30 Juni 2009 oleh Presiden RI saat itu. Menariknya, museum ini merupakan museum karst terbesar di Asia Tenggara. Museum ini didirikan untuk menunjang kawasan Eco Karst dan Gunung Sewu Global Geopark. Karena berada di kawasan Eco Karst, pengunjung dapat melihat-lihat karst asli di luar museum. Goa karst tentu tidak jauh dari kawasan museum ini, sehingga pengunjung bisa sedikit berjalan kaki. Hal ini pun membuat pengunjung bisa belajar indoor di dalam museum maupun outdoor di karst Gunung Sewu. Hal ini tentu membuat wisata edukasi pengunjung lebih mengasyikkan lagi. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/08/sewa-hiace-semarang-sewa-hiace-jogja.html






PETA Alam Indonesia

Di Museum Karts ini, pengunjung dapat menjumpai berbagai karst yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, seperti karst Ciampea, Ciseeng, Gudawang, Gunung Sewu, Maros-Pangkep, Gombong, Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat-Tapin, Wawolesea, Padang, Muna, hingga karst Papua. Ada banyak sekali pengetahuan tentang karst di museum ini, yakni bagaimana proses terbentuknya karst, fenomena karst di Indonesia, hingga hubungan karst dengan kehidupan manusia. 
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/07/wisata-kuliner-jogjakarta-cari-kuliner.html
1.  Lantai 1 (KARST UNTUK KEHIDUPAN)

Aktivitas manusia purba diceritakan sedang membakar hewan hasil buruan

fauna penghuni alam karts

Di lantai 1, ruang peragaan koleksinya bertemakan “karst untuk kehidupan”. Pengunjung dapat menjumpai berbagai panel mengenai konservasi dan pengelolaan kawasan karst, macam-macam flora dan fauna yang hidup di karst, dan sebagainya. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat maket dan diorama mengenai karst. Intinya, semua tentang karst yang berkaitan dengan kehidupan manusia, fauna, maupun flora ada di lantai 1 ini. 
Konservasi dan pengelolaan kawasan karst menjadi sangat penting, mengingat karst dapat menunjang kehidupan manusia. Hal yang perlu diperhatikan dalam konservasi kawasan karst adalah aspek geologis dan non-geologisnya.


Kamu dapat mengetahui bahwa karst memiliki nilai yang tinggi, baik dari segi ekonomi yaitu sebagai bahan untuk membuat semen maupun dari segi konservasinya. Bahkan, kawasan karst disebut-sebut sebagai warisan dunia. Hal ini tidak mengherankan. Pasalnya, kawasan karst merupakan tempat tinggal bagi manusia prasejarah. Selain itu, kawasan ini juga memang memiliki keindahan yang tiada duanya
Pengunjung dapat melihat kondisi zaman prasejarah di panel ini. seperti yang kita ketahui bersama, manusia prasejarah tinggal di kawasan karst. Para penemu juga menemukan bukti di sini. Misalnya, terdapat cangkang purba ditemukan di Goa Pawon, diperkirakan digunakan untuk memotong makanan. 
Flora dan fauna di kawasan karst sangatlah beragam. Untuk flora sendiri, terdapat anggrek, paku-pakuan, mahoni, dan masih banyak lagi. Sedangkan fauna di kawasan karst yaitu kepiting gua, udang gua, gelatik jawa, macan kumbang, dan lainnya.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/06/paket-wisata-ke-purbalingga-dari.html

Kawasan karst mengalirkan air tanah ke daerah di bawahnya. Aliran air tersebut didapatkan dari sungai bawah tanah yang ada di kawasan karst. Air ini tentu sangat berguna bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. 

2.  LANTAI 2 ( KARTS UNTUK PENGETAHUAN )
Di lantai 2, ruangan bertema karst untuk pengetahuan. Pengunjung akan memperoleh ilmu baru mengenai karst. Tentunya, ini sangat bermanfaat bagi peningkatan edukasi tentang karst di Indonesia. 




PEMBANTUKAN bebatuan Gamping







Kawasan karst tersebar cukup luas di dunia, yakni benua Amerika, Eropa, dan Asia. Bentu-bentuk dari karst memiliki keunikan tersendiri berdasarkan daerahnya. Misal karst yang ada di Eropa berbeda dengan yang ada di Asia karena berbagai perbedaan pada keadaan alamnya. Di panel ini, pengunjung akan mengetahui lebih detail mengenai hal ini.
Batu gamping atau karst terbuat dari fosil cangkang hewan laut, seperti siput laut. Hewan bercangkang yang mati akan mengeluarkan kalsium karbonat di cangkangnya, kemudian membuatnya mengeras, hingga menjadi batu gamping. Proses ini terjadi sekitar jutaan tahun yang lalu. 
Ada 2 tipe karst di Indonesia , yakni Merokarst dan Karst transisi. Merokarst merupakan karst yang tidak sempurna karena bentuknya lebih tipis dan sudah tercampur dengan unsur-unsur lain. Merokarst terdapat di kawasan Rengel, Kabupaten Tuban. Sedangkan, karst transisi memiiki bentuk yang lebih tebal, namun tidak menancap dalam ke bawah tanah seperti Holokarst. Tipe karst ini terdapat di kawasan karst Gunung Sewu, Karangbolong, dan Maros.
Unsur mineral yang membentuk batu gamping adalah kalsit dan dolomit. Kalsit adalah mineral karbonat yang mempunyai rumus kimia CaCO3. Sedangkan, dolomit adalah mineral karbonat yang memiliki rumus kimia CaMg(CO3)2.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/05/23-tempat-wisata-jogja-terbaru-cari-23.html









3.  LANTAI 3 ( AUDITORIUM )
Di lantai 3 Sejarah Museum Karst Wonogiri, terdapat auditorium yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti rapat, presentasi, maupun pemutaran film. Untuk memasuki Museum Karst Wonogiri, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun. Tapi, sebelum memasuki museum, pengunjung akan memasuki kawasan karst Gunung Sewu terlebih dahulu. 

GOA TEMBUS



Memasuki kawasan Museum Kars Indonesia ini, kita akan disuguhi salah satu goa di sebelah utara museum yang berada di sebuah bukit. Goa tembus namanya. Goa ini memiliki panjang lorong kurang lebih 100 meter dan tembus dari utara bukit hingga selatan bukit kapur. 

Di dalam gua telah terdapat alat penerangan yang cukup sehingga pengunjung dapat mengambil foto dengan cukup cahaya dengan latar belakang stalagmit dan stalagtit kapur berwarna coklat. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/04/jual-kacang-mete-mentah-di-semarang.html






PURA PUNCAK JAGAD SPIRITUAL 


Selain museum dan Goa Tembus juga terdapat pura yang terletak di puncak bukit di sisi barat museum. Namanya Pura Puncak Jagat Spiritual. Untuk mencapai pura tersebut, kita bisa berjalan kaki atau dengan menggunakan sepeda motor. Jalannya sudah berasal namun menanjak cukup tinggi.
Menginjakkan kaki di kawasan ini, suasananya begitu tenang dan teduh. Apalagi lokasinya berada di atas perbukitan. Suasana Bali sedikit terasa saat masuk ke area pura. Pada waktu tertentu, sejumlah umat Hindu bersembahyang disini. Mereka masih menjunjung tinggi adat dan kebudayaan Hindu. Setidaknya ada tiga bangunan yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto nan instagenic. Jadi jangan sampai tak membawa kamera ya. Setiap momen di tempat ini wajib diabadikan dalam sebuah foto. 
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/03/jasa-pembuatan-mini-garden-untuk.html





Yuk, jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar tentang karst saat berkunjung ke Wonogiri. Di sini, tidak hanya ada museum indoor, tetapi juga pengunjung dapat melihat karst secara outdoor. Wah, belajar sekaligus wisata alam Mari berkunjung ke Museum Karst  Wonogiri. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/02/wisata-ke-kids-fun-park-yogyakarta-cari.html


2.  WADUK GAJAH MUNGKUR

Tempat wisata di Wonogiri yang tak boleh kalian lewatkan. Wisata Waduk Gajah Mungkur, tempat ini sendiri sudah lama menjadi tujuan wisata utama di daerah Wonogiri. Pengunjung ke lokasi ini tak hanya terbatas pada wisatawan lokal, namun ada juga wisatwan dari luar daerah Wonogiri yang ingin menikmati keindahan lokasi wisata yang satu ini. Waduk ini sendiri masih berfungsi sebagai sumber pengairan bagi penduduk Wonogiri.



Tempat wisata yang berlokasi di Desa Sendang, Wonogiri ini menawarkan beberapa spot menarik yang bisa didatangi ketika berkunjung ke sana. beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan apabila berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri :

1.  TAMAN BUNGA
3.  AREA TAMAN SATWA
4.  WISATA KULINER
5.  WATERBOOM



Tempat wisata di wonogiri tak kalah indahnya dengan kota tujuan wisata lainya seperti yogyakarta, Solo dan Pacitan. Bagi anda yang ingin mencoba hal baru, mungkin wonogiri cocok menjadi tujuan wisata anda selanjutnya. 

Paket lengkap Tour Wonogiri, berita dan informasi pariwisata terkini : Bus wisata, pariwisata kuliner wonogiri, berlibur kekinian, paket tour studi banding serta Edukasi sekolah, paket wisata kampus dan kantor, paket liburan keluarga, paket tour murah. Kami ada lengkap di Paket Wisata  DREAMGEDE TOUR TRAVEL




SMS 081 565 043 80
WA 08190 41 699 82
BBM DC0A 1DEB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...