Kamis, 27 Oktober 2016

WISATA CANDI SOJIWAN YOGYAKARTA, PAKET HARITAGE YOGYAKARTA : CANDI SOJIWAN, MENGUNJUNGI CANDI - CANDI BERSEJARAH DI YOGYAKARTA








Candi Sojiwan merupakan perpaduan antara candi hindu dan budha. 
Di candi Sowijan, wisatawan dapat menyaksikan aneka relief yang berisikan fabel atau bersantai di tamannya nan cantik dan asri.

Candi Sojiwan atau ada juga yang memanggil Sajiwan adalah salah satu dari banyaknya candi di Klaten. Candi ini terletak di Dukuh Kalongan, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang berada pada ketinggian 146 - 150 mdpl. 


Hal ini bisa saja dikarenakan candi ini baru selesai dipugar dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2011. Sebelum itu candi ini hanya berupa reruntuhan dan bongkahan-bongkahan batu yang tidak menarik untuk dikunjungi. Padahal, lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang sudah dikenal wisatawan lebih dulu.
Sepintas lihat bentuk Candi Sojiwan memiliki gaya bangunan yang sama dengan Candi Prambanan, ramping dan tinggi. 
Namun ada satu hal mendasar yang membedakannya, jika Candi Prambanan merupakan candi Hindu, maka Candi Sojiwan merupakan perkawinan antara candi hindu dan budha.
 Atap candi bersusun tiga. Pada tiap tingkatannya terdapat jajaran stupa kecil, sedangkan di puncak candi terdapat stupa yang besar. INFO: WA 081904169982
Candi Sojiwan dibangun oleh Raja Balitung sebagai bentuk penghormatan terhadap neneknya, Nini Haji Rakryan Sanjiwana, yang beragama Budha. Nama Sojiwan juga berasal dari nama neneknya, Sanjiwana. Satu hal yang menarik, di kaki Candi Sojiwan terdapat relief binatang atau fabel yang berhubungan dengan cerita Jataka. Diantaranya relief kera yang sedang mentiasati buaya sehingga bisa menyeberang sungai, perlombaan antara garuda dan kura-kura, dan masih banyak lagi.

Bagi orangtua yang gemar mendongeng, candi ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Sembari mengelilingi bangunan candi, orangtua bisa mendongeng berdasarkan dari relief yang ada di dinding candi. info wisata SMS 08156504380 /BBM 5513A5A6
Relief-relief tersebut unik karena hanya terdapat di Candi Sojiwan. Cerita-cerita binatang tersebut sarat dengan pendidikan moral. Beberapa cerita tersebut adalah:

  1. Seorang Prajurit dan Seorang Pedagang.
  2. Dua Ekor Angsa Menerbangkan Kura-Kura.
  3. Garuda Berlomba Dengan Kura-Kura.
  4. Buaya Menginginkan Hati Kera.
  5. Perkelahian Banteng dengan Singa.
  6. Gajah dan Setangkai Kayu.
  7. Seorang Laki-Laki dengan seekor Singa.
  8. Seorang Perempuan dan Seekor Serigala.
  9. Pemburu dan Serigala.
  10. Ketam Membalas Budi.
  11. Seekor Burung Berkepala Dua.
  12. Bercerita.
  13. Kambing dan Gajah.
  14. Orang Berkepala Singa.
  15. Lembu Jantan dan Serigala.
  16. Kinnara.
Jika sudah lelah, bersantai di taman berumput hijau nan asri bisa menjadi pilihan. Menghabiskan sore atau akhir pekan di tempat ini pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.
klik juga :
http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/08/paket-wisata-candi-prambanan-sewa-guide.html

Candi ini dianggap sebagai candi sebaran dari Candi Prambanan karena letaknya yang tak jauh dari Candi Prambanan yaitu dua kilometer ke arah tenggara.

Candi ini memiliki luas yaitu 8.140 m persegi, diantaranya luas bangunan utama candi memiliki luas 401,3 m persegi sedangkan tinggi candi kurang lebih 27 m. 

Candi ini menghadap kearah barat. Terdapat dwarapala yang sudah rusak dan kini ditempatkan di pos penjagaan di komplek Candi Sojiwan. 
Pada bagian bawah candi terdapat ukiran relief kisah satwa Jataka sekitar 12 adegan mengelilingi dinding bawah candi. Cara membaca relief tersebut dengan membaca ke arah selatan (mapradaksina). 


Pada tangga candi di sisi timur diapit arca makara, hanya satu yang masih utuh sedangkan yang satunya hilang. Pada atas pintu candi terdapat kalamakara. 
Pada tubuh candi sebenarnya terdapat relief berupa sulur - sulur, namun karena sebagian dari batu - batuan candi hilang maka dilakukan penggantian batu tersebut dengan batu lain yang masih polos.

Relief yang ada di Candi Sojiwan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu Relief perkelahian dua pria, relief angsa dan kura - kura, relief burung garuda dan kura - kura, relief tikus dan ular, relief serigala dan wanita, relief raja dan putri seorang patih, relief gajah dan kambing, relief seorang manusia singa, relief banteng dan serigala, relief kinara dan terakhir relief singa dan banteng. INFO Wisata WA 081904169982


Bagian depan Candi Sojiwan

 
 

mari kita explore isi candi dari depan samping dan belakang



Sebagian dari penemuan berupa arca Buddha atau boddhisatwa disimpan di pos penjagaan. Pada bagian atap candi terdapat tiga tingkatan stupa. Pada bagian puncak candi adalah satu stupa yang paling besar.
 
Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski secara administratif masuk wilayah Jawa Tengah, lokasi Candi Sojiwan cukup dekat dengan Yogyakarta.
Jika datang dari arah Yogyakarta, Anda cukup belok kanan di lampu merah Gerbang Candi Prambanan. Setelah itu ikuti jalan hingga menyeberang rel kereta api dan areal persawahan. Di pertigaan pertama silahkan belok kiri (timur), Candi Sojiwan terletak tidak jauh dari situ.
klik juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/08/paket-wisata-di-candi-borobudur-pemandu.html

DREAMGEDE Tour and Travel Yogyakarta  memberikan jasa layanan paket wisata jogja atau paket liburan murah di Jogja spesial bagi anda yang yang ingin lebih praktis menikmati obyek wisata jogja, paket wisata yang kami sediakan bisa Anda pilih. 
Tanpa direportkan memikirkan banyak hal, Anda dapat fokus menikmati perjalanan wisata.

DREAMGEDE Wisata Yogyakarta adalah sahabat Anda di Jogja yaitu perusahaan tour and travel di Yogyakarta yang  menyediakan jasa rental sewa mobil di Jogja untuk apapun keperluan anda seperti kegiatan Liburan, sekedar jalan jalan, nostalgia jogja, perjalanan dinas, acara keluarga, sewa mobil lebaran, sewa mobil pengantin atau apapun. 
Kami siap mengantar anda menuju tempat tujuan anda.



SMS 08156504380
BBM 5513A5A6
WA 081904169982
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...