Kamis, 17 Mei 2018

WISATA ALAM DI KLATEN : KOLAM AIR PLUNENG, WISATA MURAH DI KLATEN UMBUL PLUNENG, PAKET WISATA MURAH DI KLATEN, CARI WISATA MURAH DI KLATEN : UMBUL PLUNENG









Pagi, Sobat wisata DREAMGEDE Tour travel. Kali ini kita berwisata ceria di Klaten Jawatengah. Ada tempat menarik yang harus dikunjungi dan murah untuk keluarga tentunya. Umbul Pluneng. Pemandian tradisional ini namanya begitu melegenda di Klaten dan sekitarnya di era tahun 1970an. Airnya yang bening dan tidak terlalu jauh untuk dijangkau dari pusat kota Klaten membuat tempat ini dulu menjadi tujuan pertama bagi warga Klaten untuk melakukan padusan yakni tradisi mandi sehari memasuki hari pertama puasa.

Tak banyak perubahan dialami oleh umbul yang memiliki dua mata air kembar yakni Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani. Hanya bagian  kolam saja yang kini mengalami perubahan dengan pemasangan keramik agar tampak lebih bersih. 







Warga masyarakat Klaten sudah sepatutnya bersukur kepada ALLOH SWT, atas kemurahan rizky yang telah diberikanNya diantaranya berupa sumber air bersih yang cukup berlimpah.Tentu tidak asing lagi bagi warga Klaten dan sekitarnya nama-nama sumber air alami seperti Jolotundo, Cokrotulung, Brintik, dan Pluneng. Sumber air yang berupa umbul ini difungsikan untuk destinasi pariwisata dan wahana olah raga air yang sangat menarik.

LOKASI UMBUL PLUNENG


Umbul Pluneng berada di padukuhan Pluneng, desa Pluneng, kecamatan Kebonarum ,kabupaten Klaten. Lokasinya cukup strategis ,dan mudah di jangkau dengan kendaraan roda dua maupun empat. Kira-kira 5 kilometer arah barat dari kota Klaten atau 3 kilometer utara Pabrik Gula Gondangbaru melewati jalan yang cukup mulus.



UMBUL TIRTO MULYANI



Ada dua pemandian di lokasi ini,yang pertama berada di sisi timur jalan dengan nama Umbul Tirto Mulyani, atau lebih dikenal dengan sebutan Umbul Cilik. Ada juga warga yang menamainya Umbul Wadon.Memiliki kedalaman air sekitar 1,5 meter. Kejernihan air umbul ini menyebabkan terlihatnya dasar kolam secara jelas. Disebut umbul Wadon karena pemandian ini banyak dimanfaatkan oleh kaum perempuan. Kolam pemandian terbagi dua bagian dan ditengahnya terdapat sebuah arca kuna yang masih utuh.
BACA juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2018/04/paket-wisata-candi-sambisari-dan-candi.html







  
Relief and arca kuno di Umbul Tirto Mulyani

UMBUL TIRTO MULYO

Yang kedua berlokasi di barat jalan tepatnya dipinggir barat kampung terkenal dengan nama Umbul Tirto Mulyo atau familiar dengan sebutan Umbul Gedhe. Pemandian umbul besar ini terbagi menjadi tiga bagian,pertama untuk orang dewasa dengan kedalaman air 2,5 meter,kedua untuk remaja kedalaman air 2 meter dan ketiga untuk anak-anak antara 1 – 1,5 meter.Seperti Tirto Mulyani disini kebeningan air umbul juga menyebabkan terlihat benda-benda yang berada didasar kolam secara jelas.

Pengeloaan pemandian dilakukan oleh pemerintah desa Pluneng bekerja sama dengan pihak ketiga.Setiap orang yang masuk ke Pemandian utamanya Umbul Gedhe diwajibkan membayar retribusi SUDAH termasuk biaya parkir .
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2018/01/cari-tempat-outbound-di-yogyakarta.html



Fasilitas yang disediakan berupa kamar ganti busana dan parkir kendaraan didalam. 

Apabila ingin mencuci kendaraan juga disediakan jasa pencucian di komplek pemandian dengan ongkos sangat murah yakni Rp 2.000,- untuk roda dua dan Rp 3.000,00 untuk roda empat. Disekitar pemandian umum juga banyak terdapat warung kuliner.



Banyak pengunjung mengatakan mandi di Umbul Pluneng yang alami sangat terasa lebih nyaman dan bersih, berbeda dengan pemandian buatan yang kini menjamur di Klaten. 



kolam anak dan balita



Pemandian Pluneng kini cukup ramai dikunjungi warga, terutama di hari minggu. Disamping itu banyak instansi dan sekolah atau kantor yang sengaja memilih tempat ini untuk kegiatan ektra kulikuler belajar berenang. Dan yang lebih menggembirakan lagi, ada wacana di umbul yang konon tempat singgah para kerabat keraton ini, akan dibangun menjadi pusat wisata air Klaten dengan berbagai fasilitas pendukungnya.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/10/wisata-jogja-terbaru-2017-4-tempat.html

Namun sayang hingga kini tidak ada satupun bukti sejarah yang bisa menunjukkan ada apa dengan Pluneng dulu kala. Pluneng terdiri dari dua umbul mata air yakni umbul lanang (Tirtomulyono) dan umbul wedok (Tirtomulyani). Dua umbul ini jaraknya sekitar 100 meter. Namun jika melihat adanya beberapa peninggalan arca di sekitar umbul Tirtomulyani ada dugaan kuat tempat ini penah dijadikan lokasi pemadian atau persinggahan keluarga kerajaan. INFO WISATA WA 0819041 699 82 / SMS 0815 65043 80





Nama Pluneng sendiri berasal dari kata Nyemplung seneng (Mencebur Senang). Dari perpaduan dua kata ini akhirnya orang jawa lama – lama menyebutnya pluneng singkatan dari plung (nyempung) neng (seneng). Menurut cerita nenk moyang banyak orang datang ke Pluneng untuk mandi, terutama disiang hari dan sore hari ketika arga usai pergi kesawah.

Dan mereka yang menceburkan diri ke kolam rasanya senang karena airnya segar. Maka sejak itu muncul istilah “Nyemplung seneng” yang lama lama dari cerita mulut kemulut menjadi istilah Pluneng. Sejak itulah umbul tersebut dikenal dengan sebutan Pluneng dan menjadi nama desa disekitarnya. INFO WISATA KLATEN WA 08190 4169 982




Syukuraan banyu SEBAGAI perwujudan rasa syukur karena telah diberi karunia limpahan air yang tak pernah Surut sepanjang tahun.




Air Pluneng dipercaya memiliki kandungan mineral yang tinggi dimana dari hasil penelitian memiliki PH 7 dan TDS 100, dimana secara ilmiah air umbul Pluneng layak konsumsi bahkan banyak warga yang minum air umbul Pluneng tanpa harus direbus terlebih dahulu.Kalau potensi air umbul Pluneng yang tiap hari tak pernah sepi dari pengunjung ini bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, ke depannya desa Pluneng juga akan maju terangkat roda ekonominya.

Kolam pemandian di umbul lanang yang berukuran panjang 50 meter dan lebar 12 meter ramai dikunjungi warga. Mereka datang untuk belajar renang atau sengaja datang untuk melakukan terapi air. Kandungan mineral yang tinggi di umbul ini sangat diyakini banyak menyembuhkan berbagai penyakit. Pluneng memang nyaman untuk rekreasi air. Mau paket wisata ke Klaten dan sekitarnya di jamin terjangkau sesuai budget dan sangat berkesan bersama DREAMGEDE Tour Travel.


WA 081904 1699 82
SMS 0815 65043 80

BBM DC0A1DEB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...