Rabu, 28 Maret 2018

PAKET WISATA KE DLINGO BANTU YOGYAKARTA, CARI WISATA ALAM DI BANTUL, WISATA JEEP KELILING DLINGO BANTUL, TOUR TRAVEL KE DLINGO BANTUL JOGJA, CARI GUIDE TOUR KE WISATA DLINGO BANTUL JOGJAKARTA









DREAMGEDE Wisata Jogja mengajak kamu ke Dlingo!! Cerita awalnya merupakan sebuah kawasan biasa saja di Bantul, Yogyakarta. Tapi kini, semakin ramai diperbincangkan dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke tempat wisata Jogja. Kira-kira daerah seperti apa kah Dlingo itu dan apa saja yang ada di sana hingga mampu mencuri perhatian wisatawan? ayo ikuti langkah kami

Berwisata tanpa bisa selfie rasanya kurang lengkap. Nah berikut ini DREAMGEDE Tour Travel ajak ke Daftar Wisata di Dlingo Bantul yang Memiliki Panorama Indah dan Spot Selfie Keren Terpopuler dan Hits untuk saat ini. Wisata baru di Bantul terletak di daerah dataran tinggi, jadi pemandangannya sudah pasti masih asri dengan udara yang masih sejuk dan segar.

Letak dari masing obyek wisata di Dlingo, Bantul unik karena saling berdekatan karena masih dalah satu lokasi dan satu jalur. Jadi dalam sehari kamu bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata di Dlingo ini mulai dari pagi menikmati sunrise hingga sore melihat sunset bahkan malam melihat keindahan Kota Jogja dan tentunya semuanya memiliki spot selfie yang keren. Paket DREAMGEDE Tour Travel ke wisata di Dlingo Bantul yang dapat menjadi liburan seru mu.

1. PINUS PANGGER




Untuk keindahan pemandangan alam tentu sudah tak diragukan lagi. Masih terjaga keaslian dan keasrian hutannya, perasaan teduh dan nyaman akan Anda rasakan saat berada di tempat ini. Tak hanya itu, Hutan Pinus Pengger juga dilengkapi dengan spot selfie sehingga pengunjung bisa dapat mengabadikan hamparan pemandangan alam yang indah menjadi momen wisata yang tak terlupakan.

Ada sejumlah spot selfie yang bisa digunakan pengunjung, antara lain sarang burung raksasa, jembatan pohon, rumah pohon, dan tangga cinta. Yang menarik, dari spot sarang burung raksasa terhampar gemerlapan pemandangan Kota Yogyakarta jika dilihat di malam hari. Jika ingin lebih lama menikmati keindahan hutan pinus, pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan berkemah. Aktivitas ini biasa dilakukan bagi mereka yang ingin menyaksikan panorama keindahan matahari terbit. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2018/03/paket-wisata-ke-semarang-ambarawa.html

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger ini lokasinya berada di Dusun Sendangsari Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Lokasi ini lebih mudah diakses jika dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan. INFO WISATA JOGJA WA 0819 041699 82 / SMS 081 565 04380

2. PUNCAK BECICI



Lokasi ini diminati mantan Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama adalah Puncak Becici. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari. Namun, pastikan kendaraan prima. Karena jalan yang harus dilalui naik turun dan berkelok. 

Puncak Becici memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset. Dari sini pula, pengunjung bisa melihat kecantikan Candi Prambanan bagian utara serta indahnya pantai selatan. 

Sore hari waktu paling bagus jika ingin menikmati panorama di sini. Puncak Becici merupakan salah satu lokasi dari Blok Mangunan. Blok Mangunan sendiri terdiri dari 7 blok yang dikelola masyarakat untuk wisata. INFO WISATA WA 08190 4169 982

Puncak Becici fokus pada kegiatan alam outbond dan panorama. Lokasi yang dikelola sekitar 40 warga ini dulunya hanya hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola sebagai lokasi wisata di akhir 2015, tidak ada lagi penyadapan pohon pinus. Mereka fokus mengelola pariwisata.  Pada Senin-Jumat, jumlah kunjungan ke Puncak Becici 700 orang per hari. Jumlah ini meningkat di Sabtu-Minggu dan hari libur, menjadi 1.500 pengunjung.

Jika ingin bersantai menggunakan hamock, cukup menyewa Rp 20.000 per dua jam. Sedangkan hamock bertingkat dari Rp 15.000-60.000. Puncak Becici terbilang nyaman karena dilengkapi berbagai fasilitas, seperti mushala, toilet, dan outbond. 
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2018/02/wisata-pantai-bantul-pantai-pandansari.html

3. HUTAN PINUS ASRI

Gardu Pandang di Hutan pinus Asri yang baru saja dibuka Lokasi Gardu pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus yang terkenal dengan panggung alamnya.

Kehadiran gardu pandang pinus Asri ini sekaligus melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus ini. Sebab di Gardu pandang ini pengunjung bisa mengambil foto selfie dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri. Bentangan cakrawala dan perpaduan hutan pinus yang hijau akan memanjakan mata para pengunjung. 

Meski demikian, konstruksinya jauh lebih kuat karena menggunakan kayu dan dibuat seperti deck lantai sehingga membuat pengunjung yang berfoto menjadi merasa nyaman dan aman.

Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membentang tentu saja membuat pengunjung betah duduk berlama lama di gardu pandang pinus asri ini, namun perlu diingat karena ini adalah spot foto selfie, jadi harus cepat cepat karena banyak yang antri. 
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/12/wisata-ke-punthuk-setumbu-dan-gereja.html

Untuk spot foto Pinus Asri ini, direkomendasikan untuk berkunjung saat pagi hari atau saat senja karena backgroundnya akan sangat indah.
4. LINTANG SEWU

Bukit Lintang Sewu merupakan wisata perbukitan di Dlingo Bantul yang memiliki daya tarik utama sebagai lokasi menikmati matahari terbenam atau sunset. Posisinya cukup strategis karena berdekatan dengan obyek wisata yang telah menjadi wisata unggulan seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Bukit ini dikembangkan menjadi kawasan wisata sejak awal tahun 2016 bersamaan dengan Hutan Pinus Dahromo, Hutan Pinus Pengger, dan Wisata Alam Watu Asah-Asah.


Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di daerah perbukitan Dlingo Bantul tepatnya bersebelahan dengan Hutan Pinus Dahromo. Ada dua rute atau akses jalan menuju ke lokasi Puncak Becici Dlingo, yang pertama melalui jalur Imogiri-Dlingo dari arah kabupaten Bantul dan yang kedua melalui jalur Patuk-Dlingo dari arah kabupaten Gunungkidul. Selisih kedua akses jalan bila ditempuh dari pusat kota Yogyakarta tidak berbeda jauh karena letak 


Bukit Lintang Sewu berada tengah-tengah jalan dari kedua akses jalan tersebut. Namun rute pertama banyak dipilih wisatawan karena melewati beberapa kawasan wisata yang sudah cukup dikenal seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Posisi Bukit Lintang Sewu berada setelah Hutan Pinus Mangunan dan sebelum Hutan Pinus Dahromo. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/10/paket-wisata-ke-yogyakarta-2-hari-3_13.html
Nama Bukit Lintang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya bukit seribu bintang (lintang: bintang, sewu: seribu). Asal-usul pemberian nama lokasi ini didasari ketika malam hari di bukit ini terlihat dengan jelas bintang-bintang di angkasa yang jumlahnya ribuan. 



Pemberian nama ini memiliki kemiripan nama dengan daya tarik wisata yang tidak jauh dari bukit tersebut yaitu Bukit Bintang di perbatasan Piyungan Bantul dan Patuk Gunungkidul. 
5. SERIBU BATU RUMAH HOBBIT

Seribu Batu Songgo Langit, begitu tempat wisata ini disebut. Lokasinya ada di desa Sukarame Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul Jogjakarta. Seribu Batu Songgo Langit letaknya berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Kalau Hutan Pinus Mangunan lokasi nya naik ke atas, Seribu Batu Songgo Langit letaknya masih di bawah dan untuk mencapainya tak perlu melalui jalan menanjak seperti ke Hutan Pinus Mangunan.

Jajaran pohon pinus menyambut kami. Matahari yang memancar panas tak terasa karena terhalang teduhnya daun-daun. Deretan rumah kayu adalah tujuan kami. 


Deretan rumah kayu yang berjajar nampak lembab. Tanah basah bekas hujan semalam tapi aman dilewati. Rumah kayu ini dibuat dari akar dengan tambahan kayu. Unik dan sangat instagramable bagus banget dipajang di instagram.


Spot - spot foto yang menarik, yaitu spot yang menjadi jualan utama lokasi wisata ini, rumah Hobbit. Ngetopnya film Lord of the Ring menginspirasi pengelola Seribu Batu Songgo langit untuk membuat tiruan rumah Hobbit di sini. Pada akhirnya adanya rumah Hobbit memang menarik pengunjung untuk datang. Cukup kreatif. Tak banyak rumah Hobbit yang dibangun, hanya 3 kalau tak salah. Meski sedikit, rumah Hobbit sudah cukup membuat anak-anak yang datang ke sini senang. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/07/wisata-baturraden-curug-jenggala-wisata.html
Rumah Hobbit ini dibangun dengan sederhana. Nggak lengkap dengan perabotan di dalamnya karena tujuannya ya buat foto-foto dari bagian luar. Nggak sama persis juga dengan rumah Hobbit dalam film-film namun untuk sarana berfoto, rumah Hobbit ini sudah lebih dari cukup. Toh pengunjung juga cuma butuh foto buat kenang-kenangan lalu dipasang di instagram dan facebook bukan buat tidur di dalamnya.
Karena ada di perbukitan maka lokasi wisata ini areanya naik turun. Yang bosan menikmati kehijauan bisa naik flying fox yang disediakan di sini. Jika lelah berjalan kaki, kita bisa istirahat di warung-warung yang ada di lokasi wisata. Warung-warung ini tertata letaknya jadi tak bikin kumuh area wisata. INFO PAKET WISATA WA 0819 04169 982 
6. BUKIT MOJO

Bukit Mojo, mungkin namanya masih asing terdengar dan belum seterkenal Mangunan ataupun bukit Panguk yang akhir akhir ini mulai ngehits. Tapi pemandangan disini tak kalah indahnya lho. Tempat wisata ini dikelola bersama oleh warga sekitar. Senangnya sekarang banyak bermunculan tempat wisata sehingga bisa membantu sedikit perekonomian warga sekitarnya juga. Pemandangan yang ditawarkan disini adalah Sungai awan yang khas daerah mangunan dan pemandangan alam bukit bukit hijaunya. Selain itu kita bisa juga menikmati sunrise bila beruntung. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/06/paket-wisata-candi-hindu-budha-di-jogja.html
Bukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau ke arah Bukit Panguk, jalannya masih searah tapi nanti ada pertigaan tanda arah kalau ke kiri ke bukit Panguk, kita ambil jalan ke kanan ke arah bukit Mojo. Dari sini kurang lebih 1 km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo ini. 
Di bukit Mojo ini disediakan tiga anjungan/gardu pandang kecil yang tersebar di barat, tengah dan timur bukit. Karena ukurannya kecil jadi perlu hati-hati ya, jangan kelebihan beban. Pemandangan dari ketiga anjungan juga sedikit berbeda. 
Anjungan yang sebelah barat kita bisa melihat jelas sungai Oyo dan bukit sekitarnya. Anjungan tengah ini ada pohon disisi kanan kirinya jadi lebih menarik untuk foto. Kalau anjungan sebelah timur ini terbuat dari pagar bambu dan lantainya dari batu, jadi berbeda dari dua anjungan lain yang terbuat dari kayu. Selain anjungan disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar. 
7. BUKIT PANGUK

Bukit panguk Kediwung yang terletak pada bibir bukit menjadikan membuat tempat ini mempunyai banyak spot yang asik untuk hunting foto. Selain itu pengunjung juga dapat memanjakan mata dengan pemandangan alam begitu indah dengan latar pegunungan dan jug cakrawala langit biru. Yang mana, tempat ini telah disediakan beberapa gardu pandang yang menjorok ke mulut tebing sehingga yang ingin berfoto akan memperoleh angel yang begitu luas dan indah. 

Terlebih jika para para pengunjung mau sedikit berjuang untuk datang pagi buta, maka akan mendapat kejutan yang mengagumkan berupa selimut kabut yang begitu indah seprti ketika berfoto di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan.


Pemandangan yang ada di Bukit Panguk Kediwung ini memang begitu menakjubkan. Sebab dari sini pengunjung dapat melihat deretan bukit hijau yang menjulang dan berderet serta lekuk seksi aliran sungai Oya. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/04/paket-wisata-solo-1-hari-dari-semarang.html

Sedangkan untuk waktu yang tepat berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung yaitu pagi hari yang mana matahari mulai terbit, saat itu pemandangan begitu mempesona dan menawan.


Selain waktu tersebut, tidak disarankan karena kalau siang udara di sini cukup panas,  karena lokasinya di bukit. Lokasi Bukit Panguk Kediwung yang berda di mulut tebing memang menjadikan pengunjung dapat dengan leluasa mengambil foto dengan beragam angle atau background. Terlebih lagi di sini ada gardu pandang menjadikan background pegunungan dan langit terasa lebih luas, serasa kita melayang .







8. JURANG TEMBELAN

Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunriseatau matahari terbit.
Selain Jurang Tembelan, lokasi lain yang juga dijadikan tempat untuk memotret sunrise, biasanya di Bukit Panguk. Namun banyak juga wisatawan yang lebih memilih Gardu Pandang Mangunan untuk mengabadikan matahari terbit.Meskipun tergolong wisata baru, Jurang Tembelan punya potensi wisata yang menjanjikan. 

Buktinya hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfieTempat wisata Jurang Tembelan sudah memiliki dengan warung kopi, jadi kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunriseINFO PAKET WISATA SMS 0815 65043 80
Namun memang agaknya cukup sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan tentu saja saat musim kemarau.
Tak jarang bahkan beberapa wisatawan merupakan penggemar sepeda gunung. Trek di derah Mangunan cocok untuk penggemar downhill. Jadi, kamu juga bisa menggunakan sepeda selain sepeda motor. Daya tarik Jurang Tembelan tidak lain adalah pemandangan Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo. Lokasinya yang berada di dataran tinggi cocok untuk mengabadikan foto landscape.
9. LEMBAH DAHROMO

Pintoe Langit Dahromo. Destinasi wisata di Dlingo, Yogyakarta ini tak cuma punya pemandangan yang instagenik, tapi juga dilengkapi dengan gardu pandang yang kekinian. Gardu pandang yang berada di bukit ini berupa pintu yang seakan terbuka menuju langit.  Gak cuma satu spot kece ini saja lho yang menarik di sini.
Memang menawarkan wisata mainstream, yaitu spot selfie, tapi Pintoe Langit Dahromo punya spot-spot kece yang mungkin tak bisa ditemui di destinasi-destinasi yang lain. Misalnya saja, spot frame rumah dengan bebungaan di sekitarnya yang tampak chick dan, tentunya, instagenik. Ada juga spot selfie sayap capung, daun jendela, dan gardu pandang berbentuk hati atau love. Tentunya, tema selfie bisa disesuaikan dengan semua fasilitas ini.

 Apalagi bila ada perlengkapan yang instagenik, misalnya alat musik, kamu tinggal berpose, dan jadilah selfie kekinian yang super kece meskipun hanya berada di sebidang gardu pandang sederhana. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/01/paket-wisata-alam-hutan-pinus-jogja.html
Tak cuma spot selfie yang istimewa, sebenarnya pesona Pintoe Langit Dahromo lebih terletak pada panorama alamnya. Dari ketinggian Bukit Dahromo, you akan mendapati pemandangan yang jauh berbeda saat siang dan malam hari. Makanya, sebagian besar pengunjung melewatkan sore hingga malam hari di Pintoe Langit Dahromo.
Dibanding hutan-hutan pinus di sekitarnya, pohon-pohon pinus di Bukit Dahromo memang tampaknya kurang menarik. Tapi bukit ini punya pemandangan yang paling lega, tanpa rintangan. Jika bisa santai dengan ketinggian, menikmati view lepas dari spot selfie pintu langit bakal jadi hal yang sangat berkesan. Asal tak ada yang lagi ngantri buat selfie, boleh berlama-lama sedikit di spot ini.


10. GROJOGAN LEPO

Air terjun Lepo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan indahnya wisata air. Terletak di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, air terjun lepo di kelola mulai dari pertengahan 2014. Air terjun Lepo ini ditemukan oleh Lurah dusun Pokok, Bahrun Wardoyo. Kebetulan ia orang yang suka mencari tempat-tempat yang berpotensi sebagai destinasi wisata.

Ledok Pokoh yang berada di dua lereng pegunungan itu, mempunyai panorama alam yang menawan. Untuk memasuki kawasan air terjun Lepo, pengunjung hanya perlu berjalan sejauh 200 meter, dengan akses jalan cor semen dan tanah berbatu. Tracking menuju tempat tersebut tidaklah sulit, hanya perlu sedikit berhati-hati karena beberapa batuan yang licin.

Sesampainya di lokasi air terjun pengunjung dapat menikmati suasan sejuk karena pepohonan yang rindang. Gemuruh suara air terjun menambah asri suasana. Di sekitar lokasi air terjun Lepo juga dapat duduk bersantai untuk menikmati suasana alam, suara kicauan burung khas lereng pegunungan bisa dinikmati sembari memandang panorama alam keindahan air terjun. Gazebo serta pondok-pondok pedagang di sekitar lokasi air terjun bisa menjadi tempat bersantai sembari bercengkrama dengan orang-orang terdekat.

Penduduk sekitar yang ramah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mereka dengan senang hati menunjukan lokasi air terjun dan sedikit menjeleskan tentang sekitar lokasi tersebut.Tak jarang para pengunjung juga terlihat bermain air di bawah air terjun Lepo tersebut. Canda tawa para pengunjung yang sedang bermain air di bawah air terjun, menambah suasana keceriaan di tempat tersebut. Air Terjun Lepo membentuk dua tingkatan, dengan aliran air yang sama-sama derasnya. Di setiap air terjun tersebut, membentuk kolam-kolam yang menawan.

Tak jarang kolam-kolam tersebut digunakan untuk tempat outbond. Cahaya matahari yang mengintip melalui celah-celah pepohonan yang rindang, memendarkan cahaya yang bercampur dengan butiran-butiran air yang pecah di sekitar air terjun, menimbulkan pelangi kecil di sekitar air terjun. Hal tersebut menjadikan pemandangan yang eksotis serta menawan di tempat tersebut. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/09/wisata-lava-bantal-yogyakarta-wisata.html



Jika sedang beruntung anda dapat melihat burung-burung kecil yang sedang mandi di sekitar air terjun, hal itu juga menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.
Trimo juga mengatakan bahwa kawasan sekitar air terjun Lepo sering juga digunakan untuk bercamping dan outbond. Kalau weekend, tempat ini sering digunakan untuk bercamping dan tak jarang juga digunakan untuk outbond. Kalau mau bercamping, tempatnya berada di sebelah utara air terjun dekat sekitaran pepohonan jati.


Untuk menuju kawasan air terjun Lepo, Pengunjung bisa melewati jalan Jogja - Wonosari, lalu menuju ke Dlingo hingga bertemu perempatan kecil, belok ke kiri ke arah Playen ikuti jalan terus hingga ada pertigaan dekat kecamatan Lepo. Selanjutnya ambil kiri dan ikuti penunjuk arah ke air terjun Lepo sudah akan memandu menuju lokasi.



11. SAWAH SOKARAME

Sawah di Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo Bantul, DI Yogyakarta ini memberikan cara berbeda untuk menikmati hamparan sawah yang luas yakni dengan jembatan bambu yang melintasi persawahan.





Tak perlu takut untuk terkena lumpur saat jalan-jalan di sawah, jalan khusus yang terbuat dari bambu dan menyerupai jembatan ini dibuat khusus untuk wisatawan yang ingin melintas di tengah hamparan sawah yang luas. 


Meski belum jadi sepenuhnya, rupanya wisata ini sudah menyedot banyak antusias warga yang ingin menikmati hamparan tanaman padi. Banyak anak muda tertarik untuk mengunjungi lokasi ini sekadar untuk berfoto dan menambah feed instagram dan sosial media mereka. Letaknya berada di sebelah timur obyek wisata kebun buah Mangunan, lokasinya persis di selatan jalan raya Sukorame. Bahkan beberapa instagram yang menyajikan wisata Yogyakarta juga telah mem-posting Wisata Sawah Sukorame ini.

Membahas wisata alam di jogja tidak ada habisnya, karena di sisi timur jogja terdapat banyak perbukitan salah satunya Dlingo. Dlingo adalah kecamatan di Bantul yang memiliki banyak bukit dan diberdayakan oleh masyarakat sekitar dijadikan obyek wisata Bantul yang menarik. Berikut beberapa wisata alam dlingo, wisata mangunan yang nge-hits dapat menjadi koleksi Instagram Anda. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/05/paket-wisata-yogyakarta-di-lokasi.html

Rencanakan liburan Anda ke Yogyakarta dengan DREAMGEDE Tour Travel, bisa Booking hotel dan beli tiket pesawat jauh lebih murah. Jaminan harga terbaik ada di sini!


WA 08190 4169 982
SMS 0815 6504 380
BBM DC0A1DEB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...