Kamis, 28 April 2016

PAKET WISATA PELEPASAN 1000 LAMPION DI BOROBUDUR 2016, PERAYAAN HARI WAISAK DAN WISATA PELEPASAN 1.000 LAMPION DI BOROBUDUR 2016, HARI RAYA WAISAK 2016 DI BOROBUDUR




Waisak merupakan hari suci yang selalu diperingati oleh seluruh umat beragama Budha. Di India hari Waisak disebut dengan hari Visakah Puja atau juga Buddha Purnima, di Tibet disebut hari Saga Dawa. Malaysia dan Singapura serta Sri Lanka menyebutnya Vesak, dan Thailand menyebutnya Visakha Bucha. 
Hari raya Waisak ini diperingati pada bulan Mei pada saat purnama sidhi atau terang bulan untuk memperingati 3 peristiwa penting: lahirnya pangerah Siddharta pada tahun 623 sebelum masehi, penerangan agung pageran Siddharta menjadi Buddha di tahun 588 sebelum masehi, dan peristiwa wafatnya Buddha Gautama di tahun 543 sebelum masehi. Ketiga peristiwa ini kemudian disebut dengan istilah trisuci waisak. Tahun ini perayaan Waisak jatuh pada hari hari Minggu tanggal 22 Mei 2016.


Perayaan Waisak yang tiap tahunnya di pusatkan daerah Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah punya daya tarik sendiri oleh turis domestik dan mancanegara yang ingin menyaksikannya secara langsung. 


Anda berencana memanfaatkan libur hari itu sambil menyaksikan Perayaan Waisak. Apa aja momentum perayaan di hari waisak. Ini penjelasan lengkapnya :



1. Ritual Pindapata

Para biksu dan biksuni akan menyusuri jalanan di daerah Magelang. Mereka akan melantunkan kidung pujian di sepanjang jalan sambil menerima berbagai pemberian yang telah disiapkan umat Budha di sepanjang jalan yang mereka lalui, pemberian biasanya berupa bahan makanan, uang, atau kebutuhan sehari-hari. Ritual ini merupakan gambaran Budha yang selalu berkelana dan hidup dari pemberian umatnya, juga sebagai saluran sedekah bagi para umat Budha.




2. Pengambilan Air Suci dari Umbul Jumprit disemayamkan di Candi Mendut

Umbul Juprit merupakan salah satu sumber air yang berlokasi di Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Biksu akan mengambil air suci dari sumber air tersebut untuk selanjutnya membawa air suci tersebut ke Candi Mendut.



3. Pengambilan Api Alam dari Grobogan, Purwodadi dan disemayamkan di Mendut

Api alam dari Grobogan ini disebut sebagai Api Abadi, merupakan sebuah fenomena alam, keluarnya gas alam dari dan tersulut api, membuatnya tak pernah padam. Api melambangkan semangat manusia untuk terus merindukan pencerahan dalam hidupnya. Api Abadi ini akan disemayamkan di Candi Mendut, keesokan harinya akan dibawa ke Candi Borobudur.




Pada saat detik-detik waisak, umat Budha akan berkumpul di tenda masing-masing, dan para biksu baik lokal maupun biksu yang berasal dari mancanegara biasanya menempati tenda utama. Saat detik Waisak, maka kepala biksu atau bante akan merapalkan mantera sesuai dengan bahasa mereka masing-masing secara bersamaan.




5. Membawa Air Suci & Api Abadi ke Candi Borobudur

Air Suci dan Api Abadi yang ditempatkan di Candi Mendut akan dibawa oleh rombongan biksu dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. Rombongan biksu akan berjalan kaki diringi dengan arakan persembahan yang biasanya berupa buah-buahan dan sayur-sayuran.




6. Ritual Pradaksina, 22 Mei 2016

Ritual Pradaksina merupakan puncak penghormatan tertinggi kepada Sidharta Gautama, ditandai dengan mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali dan searah dengan jarum jam. Ritual ini berlangsung dari jam 6 sore sampai selesai, setelah itu akan diikuti dengan pelepasan 1000 Lampion




7. Pelepasan 1000 Lampion, 22 Mei 2016

Semua orang diijinkan untuk mengikuti ritual yang satu ini, pengunjung biasa juga bisa ikut melepaskan lampion dengan terlebih dahulu memberikan sumbangan sesuai jumlah yang ditentukan. Ritual ini menjadi sebuah symbol suci, symbol untuk melepaskan energy negative, melepaskan amarah, dengki, dan segala macam hal negatif lainnya yang ada di dalam diri manusia. Pelepasan lampion ini merupakan ritual penutup dari rangkaian 7 Ritual Suci Waisak di Candi Borobudur.

Klik Juga :


Sayang rasanya melewatkan moment Waisak ini, kalo kamu berminat untuk melihat rangkaian acara Waisak ini secara lengkap, sebaiknya segera merencanakan perjalanannya dari sekarang. Untuk urusan paket wisata dan penginapan di Pesta Lampion hari Waisak di Borobudur karena saat Waisak berlangsung, penginapan di Magelang rata-rata full booking. Memilih pengingapan di Yogyakarta bisa menjadi alternatif yang pas.

Jadwal Agenda Hari Raya Waisak, Minggu, 22 Mei 2016
pk 11 - 15  Upacara Waisak Di Candi Mendut
pk 15 - 22  Upacara Waisak Di Candi Borobudur
pk 22 - 00  Ritual Pradaksina Di Candi Borobudur
pk 00 - 02  Pelepasan 1.000 Lampion  DI PELATARAN Candi Borobudur

Paket untuk Keluarga 5 Orang dengan Avanza / Xenia atau Innova
paket bersama dengan Elf atau Hiace untuk 12, 15, 18 Orang.
Pendaftaran Paket mulai Tanggal 28 April hingga 16 Mei 2016
buruan daftarkan untuk moment wisata menarik ini


 INFO LENGKAP :
SMS 081 565 04380
BBM 5513A5A6
WA 081904169982

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...